, ,

Mengapa Sarang Burung Walet Gua Menjadi Murah

sarang walet gua

Menjawab Semua pertanyaan dan faktor yang mempengaruhi kenapa Harga sarang burung walet gua menjadi murah. Sedangkan Sarang Walet produksi gedung atau rumah burung bisa dihargai sangat mahal. Kita mengenal Indonesia memiliki banyak pantai. Kekayaan alam sangat melimpah sekali. Seperti munculnya komunitas sarang walet di gua sekitar pantai di Indonesia. Hal ini tentunya jika dikelola dengan baik akan menambah pendapatan suatu daerah tersebut. Namun banyak sekali kesalahan akibat kurang nya pengetahuan di bidang sarang walet. Sehingga sekarang sarang walet gua menjadi berharga murah dan cenderung tidak dilirik oleh konsumen. Hal ini menjadi renungan kita untuk menyelesaikan masalah agar hal ini tidak terjadi. Faktor inilah yang menjadi penyebab hancur nya harga sarang walet gua

1. Waktu dan Cara Panen

Terdapat kesalahan fatal yang dilakukan pada saat panen sarang burung walet gua. Kebiasaan orang melakukan panen secara langsung, dimaksud mereka memetik semua sarang walet secara bersamaan. Sehingga membuat burung walet menjadi trauma atau lari karena dianggap rumah mereka sudah tidak aman lagi. Hal ini juga menurunkan kualitas dari sarang walet. karena sarang walet muda atau yang belum siap panen ikut diambil. Harusnya ada metode panen yang benar mengingat rumah sarang burung walet ini akan dapat ber produksi atau menghasilkan sarang walet untuk jangka waktu yang tidak terhitung, Pengambilan secara tidak terjadwal membuat stock menjadi tidak bisa diperhitungkan kontinuitas nya. Dan bentuk dari sarang walet yang dihasilkan tidak bisa selalu sempurna (berbentuk mangkok dan sudut)

2. Tehnik Panen

Tehnik panen dari sarang burung walet tidak bisa main serampangan dengan alat seadanya. Hal itu sangat rentan dan membuat sarang walet menjadi hancur sehingga nanti grade yang dihasilkan akan rendah. Kecenderungan main asal tebas tanpa di imbangi dengan pengetahuan yang cukup membuat terjadi kegagalan panen. Apalagi panen sarang di gua tentunya terdapat banyak hambatan. Seperti kondisi lokasi yang ekstrim, Minim pencahayaan dan gangguan cuaca seperti angin dan hujan, Tentunya hal ini akan tidak sebanding jika yang dihasilkan adalah sarang walet jenis gua yang berharga murah.

3. Kualitas dari Sarang Walet Gua

Untuk Sarang Walet Gedung atau rumahan, ada kebiasaan dari peternak yang sangat bagus. Dengan menentukan waktu panen yang pas. sehingga rata rata sarang walet memiliki kualitas dan ukuran atau umur yang seragam, hal ini tidak terjadi di Sarang walet gua, Mereka adalah bentukan alam sehingga lebih random. Nah peluang itu menjadi tugas kita. Harusnya kita hanya memanen sarang walet yang benar benar sudah berukuran matang.

Bentuk dari sarang walet rumahan sangat bagus. Karena terjaga dan ada bantuan cetakan dari peternak. Sedang yang di alam atau Gua tidak. dan juga ada kemungkinan serangan hama yang bisa terjadi di walet gua. Sehingga tugas kita juga harus melakukan kontrol terhadap habitat sarang walet di gua agar berhasil dengan maksimal.

4.Warna Sarang Walet

Kenapa sarang walet rumahan atau gua memiliki warna yang sempurna. Karena sudah dikondisikan. Ibaratnya rumah walet di gedung atau rumahan adalah hotel bintang lima bagi habitat sarang walet. Hal ini tidak terjadi di Gua bentukan alam yang berada di pantai. Padahal aslinya sarang walet selalu berwarna putih. Tapi faktor alam atau polusi lah yang mempengaruhi tingkat kebersihan dari sarang walet tersebut. Sarang walet gua yang beredar sekarang sangat kotor. Sehingga membuat Harganya jatuh

Sebagai Pebisnis di sektor sarang walet. Saya merasakan sedikit kebimbangan di Pembelian Sarang Walet Gua, Karena kualitas yang ada sangatlah kotor. bentuk juga kurang bagus. Hal ini membuat pencuci merasa kesulitan, Sehingga ongkos cuci menjadi lebih mahal. Tetapi harga jual nya lebih murah.

Inilah yang membuat sarang walet gua menjadi murah. Ongkos Produksi yang mahal sedang harga jual bersih yang rendah.

Solusi untuk hal ini adalah melibatkan pemerintah daerah. Sehingga semua biaya ditanggung oleh pemerintah (Dari uang pajak kita) sehingga dari gua walet selalu terjaga kebersihanya (ada anggaran khusus dan team khusus yang digaji untuk itu), Proses panen yang benar dan terjadwal, Serta proses pencucian sendiri yang melibatkan masyarakat sekitar (Sehingga membuka lapangan pekerjaan baru) semuanya diuntungkan dan terciptalah sarang walet yang layak untuk dijual ke dunia internasional.

sarang walet gua

Sarang Walet Gua Sangat Kotor

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *