, ,

Panduan Menentukan Harga Beli Sarang Walet

sarang walet

Harga beli sarang Walet di tahun 2017 ini dipengaruhi oleh banyak faktor, Para penjual sarang walet di seluruh indonesia juga menerapkan standar yang seragam mengenai kesepakatan penentuan harga sarang burung walet, di artikel ini kami akan memberikan sedikit masukan bagi para calon pembeli agar dapat mudah dan mengerti sehingga bisa menentukan apakah sarang walet ini mahal atau murah, dan tentunya meminimalisir kesalah pahaman antara penjual dengan pembeli di bisnis sarang walet.

Faktor Faktor yang mempengaruhi harga jual sarang walet (Kotor / Bahan Baku)

sarang walet

  1. Jenis dari sarang walet: jenis yang dimaksud adalah adanya perbedaan mengenai bentuk dari sarang walet, seperti contoh untuk harga sarang walet mangkok berbeda dengan harga sarang walet sudut, oval, patahan , serbuk atau hancuran. Karena nantinya setelah proses pencucian akan menghasilkan seri yang berbeda, sehingga faktor ini adalah yang paling mendasar dalam menentukan harga. Banyak petani yang menjual sarang walet campur (atau biasa disebut cong) semua hasil panen dijadikan satu dan dijual, butuh intuisi dan ketepatan dalam menentukan harga sarang walet cong, cara termudah adalah dengan dengan menentukan prosentase nya, berapa persen mangkok,sudut,patahan dan seterusnya, lalu kita lakukan penawaran yang pantas.
  2. Tingkat bulu atau kebersihan : yang dimaksud adalah kadar bulu dari sarang walet, seperti contoh kita mengenal panggilan sarang walet plontos (disebut juga bulu ringan) ada juga bulu berat (atau bisa juga disebut kronis), faktor bulu ini sangat mempengaruhi kadar susut berat dari sarang walet setelah pencucian, sehingga terjadilah perbedaan harga. faktor bulu ini juga dipengaruhi musim, sehingga harga akan selalu bergerak karena faktor supply and demand.
  3. Kadar Air Sarang Walet: pada saat panen di rumah burung, kondisi yang lembab membuat hasil panen memang memiliki kadar air yang cukup tinggi, ada beberapa petani yang langsung menjual nya sehingga akan susut beratnya setelah beberapa lama, ada juga petani yang mengeringkan dulu sarang walet nya lalu dijual. karena berpengaruh di berat sarang walet, tentunya sangat sensitif karena harga sarang walet yang teramat mahal, sehingga terjadi perbedaan harga bahan sarang walet dengan faktor kadar air, ada baiknya setelah bertanya harga anda juga bertanya mengenai kadar air, supaya anda tau apakah harga tersebut mahal atau murah, pengecekan kadar air tidak bisa melalui media gambar atau video, melainkan dengan menyentuhnya atau memencet mencet atau melipat sarang walet, semakin elastis atau lentur, kadar airnya semakin tinggi
  4. Lokasi Rumah Burung Walet:  perlu anda ketahui, lokasi asal dari rumah burung ternyata menghasilkan kualitas yang berbeda, hal ini pernah kami bahas di artikel jenis sarang walet yang dapat anda baca, faktor yang mempengaruhi adalah kondisi udara atau polusi, terbukti dengan sarang walet asal kalimantan berwarna sangat putih (kapas) lalu di luar pulau (sulawesi,bali,nusa tenggara) memiliki warna putih gading, dan Sumatera dan Jawa memiliki warna agak kekuning an, hal ini tentunya berpengaruh dengan harga nya, semakin putih akan semakin mahal.
  5. Jalin hubungan baik dengan Petani: perlu di ingat, petani walet bukan lah seperti mall atau supermarket, yang bisa anda beli setiap anda melihat ada barang tersedia, mereka sangat loyal dan kadang cukup susah di mengerti, harga tidak selalu menjadi yang nomor satu, faktor attitude atau kelakuan anda sangat mungkin bisa mempengaruhi harga yang akan ditawarkan kepada anda. saran dari kami berikanlah yang terbaik untuk para petani walet, dan tentunya anda akan mendapatkan balasan dari supplay yang stabil dan harga yang bagus.

 

Faktor Faktor yang mempengaruhi harga beli sarang walet (Bersih / Edible Nest)

sarang walet

  1. Hasil akhir dari Proses Pencucian : Kami sudah membahas mengenai tips membeli sarang walet yang dapat anda baca juga disini. faktor yang mempengaruhinya tentu saja ke terampilan para pengrajin atau pencuci sarang walet, dengan tangan mereka bak sebuah karya seni, mereka membersihkan helai demi helai sarang walet lalu membentuknya kembali dengan sempurna sesuai dengan bentuk asli dari jenis sarang walet nya, terkadang juga untuk jenis patahan dan hancuran mereka membentuk dengan unik seperti bentuk hati (cocok untuk kado), bentuk persegi (agar mudah di packing), atau bentuk bulat (dengan tujuan agar tidak mudah pecah saat pengiriman), semuanya memiliki harga masing masing.
  2. Kadar Air : Tetapi hanya penjual nakal yang menjual sarang walet bersih dengan masih menyisakan kadar air, seharusnya sarang yang dijual itu benar benar kering, sehingga tidak akan pernah susut yang tentunya dapat merugikan pembeli, Yang benar adalah proses pembasahan oleh air (dengan tujuan untuk melindungi agar sarang walet tidak mudah pecah) dilakukan setelah proses timbang, jadi nantinya setelah di tangan pembeli dan menjadi kering, berat tidak susut, Carilah penjual yang jujur yang menerapkan proses diatas seperti SarangWalet.id
  3. Profil Perusahaan : Perusahaan sarang walet yang baik adalah yang mau mendengar para konsumen nya, mau bekerjasama karena semua diuntungkan dalam proses binis sarang walet, tidak bisa dipungkiri masalah akan selalu ada, sehingga faktor after sale service / layanan purna jual turut mempengaruhi soal harga, karena harga akan selalu sebanding dengan kualitas dan pelayanan. Jangan sampai anda tertipu dengan harga yang murah tapi ternyata jika ada masalah apalagi seperti 3 faktor yang ditulis diatas seperti sarang walet rusak dalam proses pengiriman, ditahan di custom dan ternyata penjual tidak lagi bisa dihubungi, tentunya akan sangat merugikan anda, dan juga kecepatan layanan dalam membalas pesan anda juga patut dipertimbangkan, karena sarang walet adalah barang mahal, jadi maklum dan bijak jika anda banyak sekali bertanya sebelum memutuskan membeli. semua faktor diatas terpenuhi oleh layanan di website jualsarangwalet.com

 

Untuk tips lain nya sepertinya kami sudah banyak membahas di website kami, silahkan untuk berkeliling di halaman ini dan bacalah artikel yang semoga dapat menambah wawasan anda. atau anda juga dapat langsung berkomunikasi dengan kami untuk lebih jelas dan cepat. kami selalu online 24/7 . karena kami selalu menginginkan bisnis jangka panjang (long term partnership) sehingga semua customer kami jaga dengan sebaik baik nya, kami ingin anda selalu puas. Semoga saya juga dapat menginspirasi para penjual sarang walet di Indonesia untuk juga menjadi lebih baik. sehingga kita menjadi No 1 Indonesia Birdnest Supplier & Manufactured in the World.

 

Note : Jika anda tertarik berbisnis dengan kami, anda dapat menghubungi kami melalui

WhatsApp / Call : 085643390039 (Bobby) | 081326002008 (Ghozali)

Konsultasi Bisnis dapat juga menghubungi di WA / Call : 085600000076 (Khrisna)

 

2 replies
  1. Komunitas says:

    Petani Sekarang ngelunjak pak..
    Dari kemarin harga terus di naik kan tanpa sebab yang jelas.
    Tidak ada solusi lagi. Kami sepakat buat stop produksi sampai harga benar benar masuk akal!

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *