Nitrit dengan nama kimia N02 merupakan senyawa yang berbahaya jika dikonsumsi melebihi ambang batas karena dapat memicu kanker, nitrid / nitrat cukup banyak sekali menjadi bahasan dalam bisnis sarang walet. Kali ini kami akan membahas mengenai mengapa terdapat kandungan nitrit pada sarang burung walet dan bagaimana cara untuk menghilangkan kandungan tersebut sehingga kualitas dari hasil sarang burung walet dapat terjaga sesuai dengan standart kesehatan dunia.

Syarat Eksportir Sarang Walet ke China salah satunya adalah mengatur mengenai ambang batas cemaran nitrit, Pihak negara tiongkok meminta sebesar 30mg / kg, sedangkan peraturan dalam permentan No. 41/PERMENTAN/OT.140/3/2013 persyaratan ambang batas nya adalah 125 mg/kg, Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara penghasil sarang burung walet terbesar di dunia (dan juga yang terbaik kualitasnya di dunia) yaitu sekitar 80% dari keseluruhan produksi sarang burung walet. Indonesia tahun lalu juga memproduksi sekitar 70-80 persen dari total produksi sarang burung walet yang tersebar dan di konsumsi di dunia diatas negara pesaing seperti malaysia,thailand dan vietnam, dengan konsumsi terbesar adalah Negara China yang menyerap lebih dari 60 persen total perdagangan komoditas sarang burung walet dunia. Apalagi dengan menjamurnya chinatown di seluruh dunia terutama di USA, Australia, dan Eropa membuat komoditas ini semakin hari permintaan menjadi semakin besar. tak heran trend harga sarang walet selalu bergerak naik.

Sebenar nya kandungan nitrat / nitrit pada sarang burung walet terjadi secara alamiah, karena sejatinya senyawa tersebut merupakan senyawa alami atau merupakan komponen normal dari semua makanan manusia seperti wine, sayur sayuran, buah, bahkan obat obatan tradisional. kandungan nitrit terbentuk secara alami oleh proses oksidasi natrium nitrat (NaNO3) oleh oksigen di udara. Sehingga tidak mungkin untuk membuat kadar Nitrit pada sarang burung walet menjadi 0 ppm.
oleh WHO batas kontrol kandungan nitrit adalah 30 ppm. Karena Nitrit sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan karena bersifat toksik dan dapat menyebabkan methemoglobinemia sehingga terjadi gangguan aliran oksigen dan kesulitan bernapas dan memicu kanker.

Tips untuk menurunkan kadar nitrit pada Sarang Burung Walet

Kadar nitrit pada sarang walet akan turun setelah dilakukan proses pencucian dan perendaman, metode pencucian yang benar dapat menurunkan kadar nitrit hingga dibawah 30ppm, sehingga kandungan manfaat dari sarang walet akan menjadi maksimal dengan kata lain Sehat untuk dikonsumsi. Proses pencucian sarang burung walet dengan membersihkan sarang dari bulu dan kotoran secara tidak langsung menurunkan kandungan nitrit, Semakin lama sarang burung walet terpapar oleh air, maka kandungan nitrit akan semakin turun. Perendaman dalam waktu 3 – 15 jam terbukti dapat menurunkan kandungan nitrit hingga 90%, hal ini disebabkan karena sifat nitrit yang mudah larut dengan air, apalagi jika proses pencucian dilakukan dengan air yang mengalir. seperti saran dari semua ahli kesehatan untuk mencuci buah dan sayuran sebelum di masak adalah untuk menurunkan kadar nitrit sehingga di ambang batas dan tidak menjadi racun atau menganggu kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here