Produksi Sarang Walet Mengalami Penurunan

Produksi sarang walet mengalami penurunan

Produksi sarang walet mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Susahnya mendapatkan bahan baku adalah kendala yang dihadapi oleh para pelaku pasar sarang burung walet di indonesia saat ini. Daerah-daerah penghasil sarang burung walet berkualitas seperti kalimantan, riau, mataram dan jawa selatan mengalami penurunan omzet hasil panen secara serentak.

Berawal dari curhatan seorang petani walet, beliau bercerita mengenai menurunnya tingkat produksi sarang burung walet saat ini. Biasanya, rumah sarang burung walet beliau dalam waktu 3 bulan sudah siap untuk dipanen, pada saat ini dalam kurun 2,5 bulan hampir mendekati masa panen, burung walet hanya memproduksi sarang nya sebesar 1 jari saja. Padahal ukuran standart sarang burung walet siap panen adalah 2 sampai 3 jari. Anda bisa bayangkan hal itu.

Hal tersebut berdampak pada tingginya harga jual dikalangan pedagang sarang burung walet. Betapa terbatasnya stok sarang burung walet saat ini. Maka tidak salah kalau para pedagang walet menjual dengan harga tinggi. Padahal, permintaan sarang burung walet terus meningkat dari waktu ke waktu.

Apalagi untuk jenis-jenis sarang burung walet tertentu. Seperti sarang burung walet jenis Mangkok plonthos, siap konsumsi ataupun masih bahan mentah. Tipe inilah yang sekarang banyak di buru oleh para kustomer meskipun harga saat ini melambung tinggi dan stok yang terbatas membuat produksi sarang walet mengalami penurunan yang cukup signifikan. Disisi lain permintaan semakin meningkat membuat para pemain gigit jari.

Setiap keinginan buyer pasti berbeda beda, kami hadir untuk menghadirkan standart kualitas yang akan selalu sama. Hal ini sangat sulit, beragamnya kondisi bahan baku yang disesuaikan dengan asal rumah burung walet, faktor kebersihan dan musim, membuat kami harus bekerja ekstra dalam hal grading sarang burung walet demi kepuasan para konsumen inbirdnest aka seawijh indonesia. tidak semua calon buyer meminta tipe sarang burung walet plonthos saat ini. Masih banyak tipe-tipe sarang burung walet di indonesia yang lain. Di lain kesempatan, saya akan memaparkan tipe-tipe sarang burung walet yang ada di indonesia.