,

Salah Satu Makanan Paling Mahal Di Dunia Terbuat Dari Air Liur Burung

soup-birdnest-jelly

Selama lebih dari 400 tahun, sup sarang burung telah lama menjadi salah satu makanan yang paling mahal di dunia, dan bahkan hari ini satu Mangkok sup sarang walet memiliki harga antara $ 30 dan $ 100. Anda tidak bisa membuat dari sembarang sarang burung. Hanya sarang  burung walet gua atau gedung yang bisa anda makan. Sarang seluruhnya terbuat dari air liur burung. sarang ini tinggi kalsium, zat besi, magnesium dan kalium. Anda tidak bisa langsung memakan nya, tapi harus melalui proses masak. Sebagai contoh adalah membuat sop sarang burung walet. Teksturnya akan seperti jelly ketika anda merebusnya didalam sop.

Gua sarang walet sangat tinggi dengan dinding tebing yang terjal di dalam gua yang gelap, di mana mereka membangun sarang lengket dari air liur mereka sendiri. Secara tradisional, sarang ini dapat dipanen hanya dengan memanjat tangga naik ke ketinggian gua ini, suatu usaha yang sulit dan cukup berbahaya. Pada saat ini, walet didorong untuk membangun sarang mereka di dalam rumah-rumah beton yang sengaja dibangun untuk mereka. Meski begitu, sarang burung walet ini dipanen untuk dijual kembali dengan harga antara $ 700 – $ 1500 per kilogram.

Mungkin karena kandungan mineral yang tinggi dari sarang walet, mereka diyakini bisa meningkatkan kesehatan paru-paru, mencegah batuk, meremajakan kulit dan bahkan memperpanjang umur. Sarang walet hampir 50 persen protein dan 30 persen karbohidrat, dengan jumlah yang relatif kecil garam anorganik dan serat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *